Monday, April 6, 2020

MAKANAN HALAL

Islam sangat memperhatikan kebaikan, kesehatan dan kesejahteraan umatnya. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi keadaan tubuh kita baik langsung maupun tidak langsung adalah makanan dan minuman. Makanan dan minuman halal dan thayyib (baik) akan berpengaruh baik terhadap tubuh dan kehidupan kita, demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu masalah ini mendapat perhatian yang sangat penting dalam Islam. Pada hakekatnya semua makanan di muka bumi ini disediakan untuk manusia, tetapi ada kriteria tertentu yang menjadikan makanan atau minuman tertentu boleh dinikmati ataupun dilarang.

1. Makanan yang Halal 
Pengertian Makanan yang halal ialah makanan yang dibolehkan untuk dimakan menurut ketentuan syari’at Islam. segala sesuatu baik berupa tumbuhan, buah-buahan ataupun binatang pada dasarnya adalah hahal dimakan, kecuali apabila ada nash al-Quran atau Hadis yang mengharamkannya. Ada kemungkinan sesuatu itu menjadi haram karena memberi mengandung mudharat atau bahaya bagi kehidupan manusia.

Allah Swt berfirman:
يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ
Artinya: “Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuiti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu” (QS. al-Baqarah: 168).

وَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي أَنْتُمْ بِهِ مُؤْمِنُونَ
Artinya: “Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya” (QS. al-Maidah: 88)


Dari dua ayat di atas maka jelaslah bahwa makanan yang dimakan oleh seorang Muslim hendaknya memenuhi 2 syarat, yaitu: 
a. Halal, artinya diperbolehkan untk dimakan dan tidak dilarang oleh hukum syara’ 
b. Baik/Thayyib, artinya makanan itu bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan.

Pertama:  Makanan dan minuman harus halal. Halalnya suatu makanan harus meliputi tiga hal, yaitu: 
a. Halal Cara Mendapatkannya. Artinya sesuatu yang halal itu harus diperoleh dengan cara yang halal pula. Sesuatu yang halal tetapi cara medapatkannya tidak sesuatu dengan hukum syara’ maka menjadi haramlah ia. Sebagaimana, mencuri, menipu, dan lain-lain. 

b. Halal Karena Proses/Cara Pengolahannya. Artinya selain sesuatu yang halal itu harus diperoleh dengan cara yang halal pula. Cara atau proses pengolahannya juga harus benar. Hewan, seperti kambing, ayam, sapi, jika disembelih dengan cara yang tidak sesuai dengan hukum Islam maka dagingnya menjadi haram. 

c. Halal Karena Dzatnya. Artinya, Makanan itu terbuat dari bahan yang halal, tidak mengandung unsur-unsur yang diharamkan menurut syariat, seperti nasi, susu, telor, dan lain-lain. 
Makanan yang haram tercantum dalam ayat berikut ini :
إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ ۖ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
Artinya: ”Sesungguhnya Dia (Allah) hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih dengan (menyebut nama) selain Allah. Tetapi barang siapa terpaksa (memakannya), bukan karena menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sungguh, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang Penyayang. (QS. al-Baqarah : 173)

Kedua, makanan dan minuman harus thayyib artinya baik bagi tubuh dan kesehatan. Makanan yang membahayakan kesehatan misalnya  mengandung formalin, mengandung pewarna untuk tekstil, makanan berlemak yang berlebihan, dan lain-lain dikatakan tidak thayyib.

2. Jenis Makanan Dan Minuman Yang Dihalalkan 
Dalam Islam, halalnya suatu makanan harus meliputi tiga hal, yaitu: 
a. Halal karena zatnya. Artinya, benda itu memang tidak dilarang oleh hukum syara’, seperti nasi, susu, telor, dan lain-lain. 
b. Halal cara mendapatkannya. Artinya sesuatu yang halal itu harus diperoleh dengan cara yang halal pula. Sesuatu yang halal tetapi cara medapatkannya tidak sesuatu dengan hukum syara’ maka menjadi haramlah ia. Sebagaimana, mencuri, menipu, dan lain-lain. 
c. Halal karena proses/cara pengolahannya. Artinya selain sesuatu yang halal itu harus diperoleh dengan cara yang halal pula. Cara atau proses pengolahannya juga harus benar. Hewan, seperti kambing, ayam, sapi, jika disembelih dengan cara yang tidak sesuai dengan hukum Islam maka dagingnya menjadi haram. Adapun jenis makanan atau binatang yang halal dimakan, 

Secara garis besar binatang yang halal dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian, yaitu: 
1. Semua makanan dan minuman yang tidak diharamkan oleh Allah Swt dan Rasul-Nya. Artinya semua makanan minuman adalah boleh dan halal sampai ada dalil yang menyatakan haramnya. Allah Swt berfirman:
هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا 
Artinya:  “Dialah (Allah) yang menciptakan segala yang ada di bumi untukmu”. (QS. al-Baqarah: 29)

 سُئِلَ رَسُولُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّم عَنِ السَّمنِ وَالجبنِ والفِراءِ فَقَالَ : الحَلالُ مَا أَحَلَّ اللهُ فِي كِتَابِهِ ، وَالحَرَامُ مَا حَرَّمَ اللهُ فِي كِتَابِه ، وَمَا سَكَتَ عَنهُ فَهوَ مِمَّا عَفَا عَنهُ
Artinya : Rasulullah saw pernah ditanya tentang minyak samin, keju, dan,keledai liar lantas beliau pun menjawab: Apa yang dihalalkan oleh Allah dalam Kitab-Nya adalah halal dan apa yang diharamkan Allah di dalam Kitab-Nya adalah haram, dan apa yang didiamkan (tidak diterangkan), maka itu termasuk yang dimaafkan”.(HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi).

2. Semua makanan yang baik, tidak kotor dan tidak menjijikan.
يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُوا۟ مِمَّا فِى ٱلْأَرْضِ حَلَٰلًا طَيِّبًا 
Artinya: “Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi”. (QS. al-Baqarah: 168)
 وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ
Artinya: Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk. (QS. al-A’raf [7]: 157) 

3. Semua makanan yang tidak memberi mudharat, tidak membahayakan kesehatan jasmani dan tidak merusak akal, moral, dan aqidah.
وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ
Artinya: “Dan jangan kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri”. (QS. al-Baqarah: 195)
 لَا ضَرَرَ وَ لَا ضِرَارَ
Artinya: “Tidak boleh membahayakan diri sendiri dan tidak boleh membahayakan orang lain” 

4. Binatang ternak, seperti: kerbau, sapi, unta, kambing, domba dan lain-lain. 
Firman Allah :
 أُحِلَّتْ لَكُمْ بَهِيمَةُ الْأَنْعَامِ
Artinya: “Telah dihalalkan bagi kamu memakan binatang ternak (seperti: Unta, Sapi, Kerbau dan Kambing)”. (QS. al-Maidah : 1)

5. Sebangsa belalang juga halal, bahkan bangkainyapun boleh dimakan walaupun tanpa disembelih, nabi Muhammad saw. bersabda:
أُحلِّت لَنَا مَيْتَتَانِ وَدَمَانِ؛ فَأَمَّا الْمَيْتَتَانِ، فَالْجَرَادُ وَالْحُوتُ وأنا الدَّمَانِ، فالكَبِدُ والطِّحَالُ

Artinya: “Dihalalkan kepada kita kita dua bangkai dan dua darah, adapun bangkai dua yaitu belalang dan dan ikan sedangkan darah dua yaitu hati dan limpa”. (HR. Ibnu Majah)


3. Manfaat Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Halal 
Makanan dan minuman yang halalan thoyyibah atau halal dan baik serta bergizi tentu sangat berguna bagi kita, baik untuk kebutuhan jasmani dan rohani. Apabila makanan dan minuman yang didapatkan dari hasil yang halal tentu sangat berguna untuk diri kita dan keluarga kita. Hasil dari makanan minuman yang halal sangat membawa berkah, barakah bukan bererti jumlahnya banyak, meskipun sedikit, namun uang itu cukup untuk mencukupi kebutuhan sahari-hari dan juga bergizi tinggi. Bermanfaat bagi pertumbuhan tubuh dan perkembangan otak. Lain halnya dengan hasil dan jenis barang yang memang haram, meskipun banyak sekali, tapi tidak barokah, maka Allah menyulitkan baginya rahmat sehingga uangnnya terbuang banyak hingga habis dalam waktu singkat. 

Seseorang yang sudah terbiasa mengonsmsi makanan dan minuman yang halal, maka dirinya akan memperoleh manfaat, di antaranya adalah. 
a. Terjaga kesehatnnya sehingga dapat mempertahankan hidupnya sampai dengan batas yang ditetapkan Allah Swt 
b. Mendapat ridha Allah Swt karena memilih jenis makanan dan minuman yang halal.
c. Rezeki yang diperolehnya membawa barokah dunia akhirat, serta mendapat perlindungan dari Allah Swt 
d. Membawa ketenangan hidup dalam kegiatan sehari-hari, dan itu tercermin kepribadian yang jujur dalam hidupnya dan sikap apa adanya. 
e. Memiliki akhlaqul karimah karena telah menaati perintah Allah Swt sekaligus terhindar dari akhlak madzmumah (tercela). 


121 comments:

  1. Nama: Febriyanti Artika Putri
    Kelas: 8G
    No.Anbsen:09

    ReplyDelete
  2. Nama : Ahmad Harit's Maulana
    Kelas : 8G
    No.absen : 09

    ReplyDelete
  3. No.absen : 2 yang tadi salah mwehe

    ReplyDelete
  4. Nama :Qosi Kautsar Lavy Riski
    Kelas :8B
    No.Absen:25

    ReplyDelete
  5. Nama:Achmad Dhani Prasetya
    Kelas:8B
    Absen:01

    ReplyDelete
  6. Rhaisya futrotun nabila
    8E
    Absen:30

    ReplyDelete
  7. Meizaluna Adnanniyun
    8E
    Absen:16

    ReplyDelete
  8. Rasya firman arindra
    Absen:23
    Kls:8H

    ReplyDelete
  9. Nama :Moh.Daffa R
    Kelas:8B
    Absen:13

    ReplyDelete
  10. shiva arnantyasari kusuma 8D 27

    ReplyDelete
  11. Nama. :M.Andreansyah.Z
    Kelas. :8B
    No.Absen:12

    ReplyDelete
  12. Satria Tri Darmawan
    8D
    Absen 25

    ReplyDelete
  13. Nama : M.Zakky Firdaus
    Kelas: 8B
    No.Absen: 18

    ReplyDelete
  14. Nama:Alisa Mutiara Hardiyanti
    Kelas:8B
    No.Absen:04

    ReplyDelete
  15. Nama:Daiyan Farel Iman
    Kelas:8A
    Absen:13

    ReplyDelete
  16. Nama:M Farel Saifuloh
    Kelas:8B
    No Absen:15

    ReplyDelete
  17. Nama : Felicya shafiqah v
    Kelas : 8C
    No absend : 8

    ReplyDelete
  18. Nama: Dwi Setiyani Rahayu
    Kelas: 8b
    No.Absen: 08

    ReplyDelete
  19. Nama :Nita Putri Salsabilla
    Kelas:8A
    Absen:26

    ReplyDelete
  20. Nama:Monic Ghaniyah Ghadah Az_zahra
    Kelas:8B
    No.absn:14

    ReplyDelete
  21. Nama:rafli syahbana
    Kelas:8d
    No.Absen:20

    ReplyDelete
  22. Nama: Siti Nurrestinova Ajeng Fitriani
    Kelas: 8G
    No.Absen: 31

    ReplyDelete
  23. Nama:Reza Amelia Safitri
    Kelas:8D
    No.absen:21

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Salsabila Sayyidatun Najwa 8b/29

    ReplyDelete
  26. Nama: Bia Najwa N
    Kelas: 8A
    Absen: 10

    ReplyDelete
  27. Nama :Zahwa Nabilah Pasya
    Kelas :VIII-B
    No. Absen :31

    ReplyDelete
  28. Nama:Novi Putri Anggraini
    Kelas:8B
    No.absen:24

    ReplyDelete
  29. Nama:Intan yoan alvianita
    Kelas:8D
    No. Absen:11

    ReplyDelete
  30. Nama: Siti Mustofikatun Ni'mah
    Kelas:8c
    Absen:32

    ReplyDelete
  31. Nama : Nafil Kurniawan
    Kelas : 8B
    No.Absen : 20

    ReplyDelete
  32. Nama : Muhammad Ramadhan
    Kelas : 8B
    Absen : 16

    ReplyDelete
  33. Nama:Aliyyah sausan k.
    Kls:8H
    Absen:03

    ReplyDelete
  34. Nama : Galuh.A.
    Kelas: 8B
    Absen: 10

    ReplyDelete
  35. Nama:Iqnaul Athiyyah
    Kelas:8A
    No.Absen19

    ReplyDelete
  36. Nama:Bimantara Farouq Wiradihardja
    Kelas:8G
    Absen:6

    ReplyDelete
  37. Nama : Achmad Zakki F
    Kelas: 8A
    Absen: 03

    ReplyDelete
  38. Nama : Reni Tri Agustin
    Kelas : 8A
    Absen : 28

    ReplyDelete
  39. Nama:M.farhan Zaki
    Kelas:8G
    Absen:23

    ReplyDelete
  40. Nama:sinta rahmawati
    Kelas:8d
    No:28

    ReplyDelete
  41. Nama : Aidha Rachma Noersinda
    Kelas: 8B
    No. Absen: 2

    ReplyDelete
  42. Nama : Muhammad Rizky Utama
    Kelas : 8-C
    No. Absen : 24

    ReplyDelete
  43. Nama: Wa ODe Shofiyyah Tsibatun Sholihah
    Kelas:7A
    Absen: 33

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa ode, baca bab riya dan nifaq ya. Ini materi kelas 8.

      Delete
  44. Nama :Tazkiya A.C.K
    Kelas :8D
    Absen :32

    ReplyDelete
  45. Nama : icha novita adriani
    Kelas:8c
    No :11

    ReplyDelete
  46. Nama : M Rahmatullah Azzukhruf MD
    Kelas : 8 E
    No : 25

    Alhamdulillah kita bisa tahu antara mana yg Halal dan yg Haram, bahkan makanan Halal pun bisa jadi Haram (berdasarkan cara mendapatkannya)

    ReplyDelete
  47. Nama : Lina Widawati Aliyah
    Kelas : 8D
    No : 12

    ReplyDelete
  48. Nama :Sultan Faid Rustian P.
    kelas :8D
    Absen :31

    ReplyDelete
  49. Nama :Larasati mawardani
    Kelas:8f
    No absen:18

    ReplyDelete
  50. Nama : sufiah budiawati
    Kelas 8D
    No absen :30

    ReplyDelete
  51. Nama: Rizqi Syahrul ramdahani
    Kelas:8B
    No absen:28

    ReplyDelete
  52. nama : salsabilla dina
    kelas: 8A
    absen: 31

    ReplyDelete
  53. Nama: Aurea Chiara Yaffa
    Kelas: 8C
    Absen: 05

    ReplyDelete
  54. Nama :Al Mas Jannah
    Kelas :8C
    Absen :01

    ReplyDelete
  55. Nama:Inesa putri zalianti
    Kelas:8c
    Absen:13

    ReplyDelete
  56. Nama: Nafhatul Fitriah
    kelas: 8b
    absen: 19

    ReplyDelete
  57. Nama: Anisatul Fitria
    Kelas: 8G
    No. Absen: 04

    ReplyDelete
  58. Nama : Imelda.A.
    Kelas : 8c
    Absen : 12

    ReplyDelete
  59. Nama:Nauval Satriawan junior
    Kelas:7D
    No.Absen:24

    ReplyDelete
  60. Nama:farih rahmanu putra
    Kelas:8C
    Absen:07

    ReplyDelete
  61. Nama:Silvia Diva Rahmawati
    Kelas:8C
    Absen:31

    ReplyDelete
  62. Nama:Silvia Diva R.
    Kelas:8C
    Absen:31

    ReplyDelete
  63. Nama:M.Rizky Ramadan
    Kelas:8C
    Absen:19

    ReplyDelete
  64. Nama:Anisa Mutimmatul F
    Kelas:8 C
    No.Absen:02

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. Nama:Gizza Nur Safitri
    Kelas:8D
    No.Absen:07

    ReplyDelete
  67. Nama : Achmad Wisnu
    Kelas : 8A
    No. Absen : 01
    Maaf pak telat 🙏 habis dari desa

    ReplyDelete
  68. Nama:Rizki athallah
    Kelas:8D
    No absen:22

    ReplyDelete
  69. Nama:hamdi putra suprayitno
    Abs:10
    Kls:8c

    ReplyDelete
  70. Nama : M.Samsul M.
    Kls. :8c
    Absn :25

    ReplyDelete
  71. NAMA:MAKHALLUL IHROM
    KELAS:8G
    ABSEN:15

    ReplyDelete
  72. Nama : Galuh.A.
    Kelas: 8B
    Absen: 10

    ReplyDelete
  73. Nama. :melisah nurul.k.
    Kelas. :8C
    No.Absen:16

    ReplyDelete
  74. Terimakasih, sangat membantu saya memahami materi dan menjawab soal jelaskan pengertian halal thayyiban. Semoga menjadi amal sholeh buat penulis.

    ReplyDelete